Investasi Tanah vs Emas, Mana yang Lebih Menguntungkan? - Investasi Tanah Jogja, Invetasi Tanah Kebun, Investasi Tanah Vs Emas, Butuh Uang Jual Tanah di Jogja

Investasi Tanah vs Emas, Mana yang Lebih Menguntungkan?

Investasi tanah vs emas, mungkin banyak yang bertanya mana yang lebih menguntungkan. Terutama untuk mereka ingin memulai sebuah investasi. Wajar saja, karena investasi tanah maupun emas sama-sama memberikan keuntungan di masa depan. Namun dari keduanya, mana yang lebih menguntungkan dan mudah dilakukan? Simak penjelasan berikut ini.
Investasi Tanah vs Emas
Saat ini memang banyak cara untuk berinvestasi. Beberapa bentuk investasi yang banyak dilakukan adalah investasi saham, deposito, properti, reksadana, tanah, dan juga emas. Namun, kebanyakan masyarakat awam biasanya hanya mengandalkan dua jenis investasi, yaitu investasi tanah dan emas.
Investasi tanah vs emas, keduanya sama-sama memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing. Tinggal masyarakat yang perlu memilih sesuai dengan kebutuhan dan selera masing-masing. Oleh karena itu, sebelum memutuskan jenis investasi terbaik, ada baiknya simak beberapa perbandingan investasi emas dan tanah berikut ini.

Keunggulan dan Kelemahan Investasi Tanah
Ada yang mengatakan bahwa investasi tanah merupakan jenis investasi kuno yang sering dilakukan oleh orang di zaman dulu untuk mendapatkan keuntungan yang berlipat ganda. Investasi tanah ini bahkan masih sering dilakukan oleh orang-orang modern sekalipun. Wajar saja, karena investasi tanah memiliki beberapa keunggulan, sebagai berikut.
1.      Harga tidak pernah turun
Salah satu kelebihan dari investasi tanah murah adalah harganya tidak pernah turun. Dari hari ke hari, tanah akan selalu mengalami kenaikan harga. Hal inilah yang sering diamati oleh orang sebagai peluang investasi yang menguntungkan di masa depan. Apalagi jika memiliki tanah di kawasan yang strategis. Akan sangat menguntungkan nantinya.
2.      Tanpa biaya perawatan
Tanah juga cenderung tidak membutuhkan biaya perawatan ekstra. Tanah bahkan bisa didiamkan dan jika tidak dipelihara pun tidak menjadi masalah.
3.      Risiko hampir nol
Karena tanah tidak pernah mengalami penurunan harga, maka bisa dikatakan risiko untuk investasi tanah ini hampir nol. Tanah juga bukan benda yang mudah dicuri atau diganti hak kepemilikannya, sehingga memiliki aset tanah akan lebih aman dan terjaga.
4.      Jangka panjang
Jika memiliki tanah seharga seratus juta di saat ini, bisa dibayangkan harga tanah itu sepuluh tahun mendatang. Pasti akan lebih mahal berkali-kali lipat.
Namun, investasi tanah memiliki beberapa kelemahan, di antaranya:
1.      Proses cair yang lama
Jual beli tanah tidak semudah jual beli emas. Sehingga jika memiliki aset berupa tanah, sebaiknya tidak dijadikan perolehan penghasilan. Jadikan saja tanah sebagai tabungan masa depan, karena proses cairnya yang cukup lama.
2.      Modal besar
Tanah juga cenderung membutuhkan modal yang relatif besar di awal, sehingga kebanyakan orang yang belum memiliki modal besar lebih memilih investasi emas.
3.      Biaya tambahan saat transaksi
Dalam transaksi jual beli tanah juga diperlukan biaya tambahan, seperti biaya pajak. Serta biaya prosedur jual beli tanah.
Keunggulan dan Kelemahan Investasi Emas
Investasi emas juga merupakan salah satu jenis investasi yang banyak dilakukan saat ini. namun sebelum mengetahui lebih baik investasi emas atau tanah, berikut ini ada beberapa keunggulan serta kelemahan dari investasi emas yang perlu diketahui. Keunggulan dari investasi emas antara lain:
1.      Tidak tergerus inflasi
Inflasi merupakan arus naik turun keuangan. Memiliki aset emas akan memberikan keuntungan karena emas tidak tergerus oleh inflasi yang ada. Bahkan, emas dapat menjadi salah satu aset penjaga kekayaan yang baik.
2.      Harga universal
Harga emas di seluruh dunia adalah sama. Sehingga harga emas ini termasuk harga universal.
3.      Bebas pajak
Jika saat menjual tanah pemilik tanah harus membayarkan pajak, tidak demikian dengan saat menjual emas. Pemilik emas tidak wajib mengeluarkan pajak pada negara.
4.      Bisa dijadikan jaminan
Emas juga merupakan benda yang bisa dijadikan jaminan, khususnya ke pegadaian. Prosesnya juga tidak begitu rumit.
5.      Harga naik
Emas juga memiliki harga yang relatif naik terus menerus. Walau mungkin kadang harga emas anjlok, namun, harga itu akan segera kembali seperti semula, bahkan lebih tinggi lagi.
6.      Mudah dijual atau dicairkan
Emas juga merupakan benda yang lebih mudah dicairkan daripada tanah.
7.      Modal relatif kecil
Untuk membeli emas, juga tidak dibutuhkan modal yang besar, sehingga hampir semua orang bisa membeli emas.
Sedangkan kelemahan dari investasi emas antara lain:
1.      Tidak ada leverage
Emas tidak dapat dijadikan penghasilan pasif. Seperti yang diketahui, jika investasi properti bisa memberikan penghasilan tambahan, yaitu dengan menyewakannya, maka investasi emas cenderung diam dan sulit untuk bisa mendapatkan penghasilan pasif dari sana.
2.      Rentan kehilangan
Selain itu, emas juga merupakan benda yang mudah dibawa, sehingga risiko kehilangan emas juga tinggi.

Demikianlah penjelasan mengenai investasi tanah vs emas. Tentukan pilihan investasi yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing agar bisa menguntungkan di kemudian hari. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

About Us

INVESTASI TANAH JOGJA

Kami adalah Situs khusus Tanah dan Rumah khususnya daerah Yogyakarta. Siap melayani Transaksi Jual Beli Tanah Maupun Rumah untuk kebutuhan Investasi maupun Tempat tinggal Anda.


: [email protected]



DMCA.com Protection Status

Popular Posts

Formulir Kontak