Jual Tanah Sawah di Jogja dan Pertimbangan Pentingnya - Investasi Tanah Jogja, Invetasi Tanah Kebun, Investasi Tanah Vs Emas, Butuh Uang Jual Tanah di Jogja

Jual Tanah Sawah di Jogja dan Pertimbangan Pentingnya

Jual tanah sawah di Jogja memang cukup mudah karena Jogja merupakan salah satu kota yang produktif dan memiliki potensi tinggi dalam hal perkembangan ekonomi, pariwisata, industri, pendidikan, dan masih banyak lagi. Tidaklah heran jika minat untuk dapat investasi di kota ini sangatlah tinggi dan semakin meningkat dari tahun ke tahun. Namun banyak yang masih bimbang untuk memilih antara investasi tanah ataukah sawah.
Sebenarnya keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jika Anda dihadapkan dengan dua pilihan antara investasi tanah ataupun sawah maka beberapa pertimbangan untuk melakukan pilihan pun haruslah dilakukan supaya tidak salah pilih dan menyesal nantinya. Sebenarnya baik tanah ataupun sawah merupakan pilihan produk investasi jangka panjang yang baik dan menguntungkan. Tapi jika dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan tujuan investasi dari pribadi masing-masing tentunya akan lebih baik. Jangan hanya mudah tertarik dengan tanah dijual di Jogja ataupun sawah tanpa pertimbangan matang. 
Berbagai Hal yang Harus Dipertimbangkan Saat Beli atau Jual Sawah di Jogja
Yogyakarta merupakan salah satu kawasan di pulau Jawa yang tergolong potensial dan pas dijadikan pilihan tempat untuk berinvestasi sawah. Selain masih banyak terdapat sawah yang masih produktif menghasilkan hasil panen yang melimpah, sawah di kawasan Jogja juga masih berdaya jual tinggi. Sebelum memutuskan untuk melakukan pembelian sawah atau tanah. Jangan hanya tertarik dengan informasi jual sawah di Jogja tanpa memperhatikan beberapa hal berikut ini:
·         Lokasi sawah
Hal pertama yang ahrus diperhatikan sebelum membeli sawah adalah lokasi dimana sawah tersebut berada. Pilihlah sawah yang berada di area yang strategis misalnya di dekat jalan raya atau sarana transportasi yang lancar dan berkembang.Lokasi sawah akan berpengaruh terhadap nilai jual jika nantinya sawah tersebut hendak dijual. Lokasi sawah yang strategis tentunya memiliki nilai jual yang tinggi dibanding dengan sawah yang berada di area non strategis. Cara cepat jual tanah ataupun sawah yang lokasinya strategis tidaklah terlalu berat atau sulit karena peminatnya pasti banyak.
·         Segmen pasar harus jelas
Segmen pasar juga harus benar-benar diperhatikan dan dipertimbangkan sebelum membeli sawah. Jangan hanya tertarik dengan penawaran sawah dengan harga lebih murah saja namun juga perhatikan segmen pasarnya. Segmen pasar dapat diartikan jelas dan lancarnya yang membeli serta menerima hasil panen yang dihasilkan sawah tersebut. Hal ini juga sangat tergantung pda jenis tumbuhan yang ditanam dan kesesuaiannya dengan cuaca di lingkungan tersebut.
·         SDM Pengolah
Selain segmen pasar, Sumber Daya Manusia (SDM) pengolah sawah tersebut juga haruslah jelas. Hal ini sangat penting apabila Anda sebagai pemilik sudah tidak memiliki waktu untuk mengurus sawah tersebut. Tenaga yang diperlukan antara lain untuk melakukan proses pembajakan, penyiangan, pemupukan serta pemanenan tanaman yang dikelola. Pastikan Anda sudah memiliki SDM yang memang sudah memiliki kompetensi dalam hal bercocok tanam dengan sistem bagi hasil yang jelas dan disetujui oleh kedua belah pihak.
·         Tingkat kesuburan tanah
Tingkat kesuburan tanah pada sawah tersebut juga harus diperhatikan jangan sampai membeli sawah yang ternyata tidak subur dan tidak memberikan hasil yang diinginkan. Banyak penawaran tanah dijual di Jogja ataupun sawah dengan harga yang terjangkau namun ternyata tanah pada sawah tersebut tidaklah subur dan tidak bisa maksimal dalam menghasilkan hasil panen.
·         Legalitas sawah
Legalitas sawah juga sangat penting untuk dijadikan bahan pertimbangan. Pastikan sawah yang hendak dibeli memiliki dokumen dan surat-surat yang resmi dan sah seperti sertifikat atau dokumen lainnya.
Berbagai Hal yang Harus Dipertimbangkan Saat Investasi Tanah di Jogja
Penjelasan di atas adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum melakukan pembelian sawah. Sama seperti saat hendak membeli sawah, beberapa hal berikut ini hal yang perlu dipertimbangkan saat melakukan pembelian tanah:
·         Lokasi tanah
Sama halnya dengan sawah, saat hendak berinvestasi dengan cara membeli tanah murah Jogja, hal pertama yang harus dipertimbangkan adalah lokasi dimana tanah tersebut berada. Pastikan tanah yang dibeli berada di lokasi yang strategis atau paling tidak memiliki jalan sebagai sarana transportasi yang lapang dan mudah dilalui. Lokasi strategis merupakan salah satu faktor yang membuat harga tanah tinggi.
·         Legalitas tanah
Tanah yang baik untuk dijadikan investasi adalah tanah dengan legalitas yang jelas. Legalitas tanah dapat dilihat dari kelengkapan dokumen seperti sertifikat yang masih berlaku dan pajaknya dibayarkan aktif setiap tahun.
·         Kondisi tanah
Kondisi tanah juga salah satu hal penting yang ahrus dipertimbangkan sebelum membeli tanah sebagai investasi. Pastikan bentuk, hadap dan kepadatan tanah sesuai dengan apa yang diinginkan dan tidak memerlukan biaya lagi untuk urug.
·         Harga yang ditawarkan
Pertimbangkan pula harga yang ditawarkan oleh pemilik jangan sampai tidak sesuai dengan harga yang ada di pasaran.
Setelah mengetahui penjelasan mendetail mengenai kedua produk investasi yakni sawah dan tanah, tentunya Anda sudah memiliki gambaran untuk cenderung memilih yang mana. Jika pilihan jatuh pada investasi sawah, maka lebih aktiflah dalam mencari informasi jual sawah di Jogja agar memperoleh sawah yang benar-benar berpotensi. Berbeda dengan tanah, sawah lebih mudah dikelola dan selain memiliki hak milik, sawah juga dapat memberikan hasil panen yang memberikan income secara rutin.

No comments:

Post a Comment

About Us

INVESTASI TANAH JOGJA

Kami adalah Situs khusus Tanah dan Rumah khususnya daerah Yogyakarta. Siap melayani Transaksi Jual Beli Tanah Maupun Rumah untuk kebutuhan Investasi maupun Tempat tinggal Anda.


: [email protected]



DMCA.com Protection Status

Popular Posts

Formulir Kontak