Pelajari Dahulu Kriteria Investasi Tanah Terbaik Sebelum Membelinya - Investasi Tanah Jogja, Invetasi Tanah Kebun, Investasi Tanah Vs Emas, Butuh Uang Jual Tanah di Jogja

Pelajari Dahulu Kriteria Investasi Tanah Terbaik Sebelum Membelinya

Investasi tanah terbaik merupakan investasi tanah yang dilakukan dengan kriteria yang tepat. Investasi yang dilakukan dengan cara yang tepat tentu akan sangat menguntungkan. Apalagi saat ini harga tanah memang kian lama kian menjadi mahal. Tentu untuk investasi tanah, risikonya juga besar. Oleh karena itu dibutuhkan beberapa tips berikut ini.
Tips Investasi Tanah Terbaik
Tanah merupakan salah satu aset kekayaan yang bisa dijadikan bisnis atau investasi yang menguntungkan. Investasi tanah merupakan salah satu jenis investasi yang banyak dilakukan orang selain investasi emas. Investasi tanah vs emas memang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun investasi tanah masih banyak peminatnya. Walau proses pencairan dana dari aset tanah tidak semudah pencairan dana dari investasi emas, investasi tanah memang terbilang cukup menguntungkan. Apalagi harga tanah tidak pernah turun.
Namun untuk dapat menjalankan investasi tanah terbaik tentu banyak hal yang perlu diperhatikan sebagai kriteria pemilihan lahan yang baik. Selain itu, faktor keamanan juga perlu diperhatikan, karena saat ini ada banyak sekali penipuan atau tindak kejahatan yang mengatasnamakan jual beli tanah. Apalagi di perkotaan yang persaingan bisnisnya kian hari kian ketat. Maka dari itu, sebelum benar-benar memutuskan untuk menjalani investasi tanah, ada baiknya memperhatikan kriterria-kriteria berikut ini.
1.      Jumlah penduduk dan kaitannya dengan nilai investasi tanah
Mungkin hal ini tidak banyak dipikirkan sebelum berinvestasi tanah, sehingga di belakang akan ada kerugian atau ketidaksesuaian dengan presepsi di awal investasi. Percaya atau tidak, jumlah penduduk itu memang mempengaruhi nilai investasi tanah. Jumlah manusia di sebuah daerah jika semakin banyak maka akan mempercepat kenaikan nilai jual tanah. Hal ini berkaitan dengan banyaknya permintaan yang ada. Seperti yang diketahui bersama tentang nilai ekonomi sebuah benda, jika permintaan kian meningkat namun benda tersebut semakin langka, maka harga benda juga akan meningkat.
Maka dari itu, jika ingin memulai investasi tanah murah, lebih baik mencari lokasi yang jumlah penduduknya belum terlalu banyak, namun di masa depan lokasi tersebut akan berkembang jumlah penduduknya. Hal itu akan lebih memberikan keuntungan yang berlipat ganda di beberapa tahun ke depan.
2.      Lokasi investasi yang strategis
Kriteria dari investasi tanah terbaik selanjutnya adalah lokasi investasi. Untuk memiliki tanah, pastikan dahulu bahwa lokasi itu memang benar-benar lokasi yang strategis. Dalam artian, tanah tersebut memang memiliki prospek yang baik di masa depan dan bisa dijual kembali dengan harga yang sangat mahal. Hal ini wajib diketahui, karena lokasi yang salah akan menyebabkan kerugian. Walau harga tanah pada umumnya memang meningkat setiap tahun, namun jika lokasi tanah yang dibeli salah, maka kenaikan harga tanah tersebut tidak akan signifikan, dan itu artinya tidak akan ada keuntungan yang didapatkan.
3.      Ciri-ciri tanah terbaik untuk investasi
Sebenarnya cara investasi tanah yang menguntungkan itu tidaklah sulit untuk dilaksanakan. Hanya saja, tanah yang akan dipilih atau yang akan dibeli harus benar-benar memenuhi ciri tanah terbaik untuk investasi. Dan ciri-ciri dari tanah terbaik untuk investasi itu sendiri berbeda-beda, tergantung tujuan investasi itu sendiri.
Misalnya jika ingin menjadikan tanah tersebut sebagai lahan perkebunan, maka carilah tanah yang berada di lereng pegunungan atau di pinggiran kota yang benar-benar cocok dengan kriteria tanaman yang akan ditanam. Demikian pula jika ingin menjadikan tanah itu sebagai lahan peternakan. Maka harus dicari lahan yang benar-benar cocok suasananya dengan hewan yang akan diternak. Jika tanah akan dijadikan bangunan komersial seperti pertokoan atau mall, maka lokasi terbaik adalah di pusat kota. Demikian pula dengan tanah yang akan dijadikan rumah atau perumahan, maka carilah lokasi tanah yang sesuai dengan tata guna lahan permukiman.
4.      Mencari tanah yang risikonya paling kecil
Dalam setiap investasi maupun bisnis, tentu saja yang namanya faktor risiko itu selalu ada. Hanya saja, manusia yang harus pintar-pintar mencari risiko mana yang paling kecil. Carilah tanah yang risiko kerugiannya paling kecil. Hindarilah tanah yang statusnya masih dalam sengketa. Walau harganya murah, tanah sengketa risikonya sangat besar. Hindari juga tanah yang sertifikatnya masih digadaikan ke bank. Tanah jenis ini juga suatu saat nanti akan bermasalah, dan bisa jadi pembeli tanah yang akan berurusan dengan hukum. Hindari juga tanah yang prospek ke depannya belum jelas, misalnya tanah yang berada di lingkungan yang belum sepenuhnya berkembang dan di masa depan belum jelas perkembangannya. Hal ini tentu akan menghindarkan risiko kerugian yang besar di kemudian hari.

Itulah beberapa tips atau kriteria sebelum melakukan investasi tanah terbaik yang harus diperhatikan. Ingat selalu untuk benar-benar merencanakan investasi tanah sebaik-baiknya. Jangan terburu-buru dalam mengambil keputusan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi banyak pihak.

No comments:

Post a Comment

About Us

INVESTASI TANAH JOGJA

Kami adalah Situs khusus Tanah dan Rumah khususnya daerah Yogyakarta. Siap melayani Transaksi Jual Beli Tanah Maupun Rumah untuk kebutuhan Investasi maupun Tempat tinggal Anda.


: [email protected]



DMCA.com Protection Status

Popular Posts

Formulir Kontak