Tanah Dijual di Jogja Barat dan Hal yang Perlu Diperhatikan - Investasi Tanah Jogja, Invetasi Tanah Kebun, Investasi Tanah Vs Emas, Butuh Uang Jual Tanah di Jogja

Tanah Dijual di Jogja Barat dan Hal yang Perlu Diperhatikan

Tanah dijual di Jogja Barat akan menjadi tanah yang paling banyak dicari karena kawasan Jogja Barat merupakan lokasi strategis untuk investasi dan mengembangkan usaha. Selain itu, kawasan yang juga aktif menjadi lokasi wisata itu memiliki prospek perkembangan yang menjanjikan. Namun tentu diperlukan cara cepat jual tanah serta mengetahui hal-hal yang wajib diperhatikan sebelum membeli tanah sebelum transaksi dilakukan.
Keuntungan Membeli Tanah Dijual di Jogja Barat
Jogja yang terus berkembang menjadi lokasi yang semakin dilirik oleh para investor. Jogja memang merupakan daerah dengan potensi wisata yang tinggi dan memiliki daya tarik yang membuat banyak orang datang lagi dan lagi ke Jogja. Meskipun jika Jogja itu sudah pernah dikunjungi sekalipun. Jogja juga merupakan daerah dengan potensi pendidikan yang baik dan memiliki banyak universitas ternama. Potensi itu juga lah yang menyebabkan banyak mahasiswa yang tertarik untuk menempuh pendidikan di Jogja.
Kondisi ini tentu saja merupakan pemicu berkembangnya Jogja dari masa ke masa. Sehingga sudah bisa di pastikan bahwa Jogja akan terus menjadi daerah yang berkembang, bahkan hingga ke pinggiran Jogja. Salah satu kawasan yang berkembang adalah Jogja Barat. Jogja Barat memiliki keindahan alam yang pas untuk dijadikan lokasi wisata, dan saat ini memang sudah ada banyak objek wisata di Jogja Barat yang bermunculan. Daya tarik ini tentu menyebabkan banyaknya permintaan akan hunian sementara, seperti hotel dan penginapan.
Tanah murah Jogja Barat kini sudah kian melambung harganya. Sangat wajar, karena memang prospek Jogja Barat sangatlah potensial. Selain itu lokasi Jogja Barat juga mudah diakses dan tidak terlalu jauh dari pusat kota. Banyak fasilitas umum yang bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari yang memudahkan. Namun tentu saja sebelum membeli tanah di Jogja Barat perlu diperhatikan hal-hal sebagai berikut.
Hal yang Wajib Diperhatikan Sebelum Membeli Tanah
Tanah dijual di Jogja Barat memang menjanjikan investasi yang menarik dan berpotensi memberikan keuntungan. Namun jangan terlalu buru-buru untuk melakukan pembelian tanah. Harus diperhatikan hal-hal sebagai berikut:
1.      Lokasi dan kondisi tanah
Lokasi dan kondisi tanah yang akan dibeli tentu saja merupakan hal yang wajib diketahui oleh calon pembeli. Apalagi jika tanah tersebut memang akan digunakan sebagai investasi. Pastikan kondisi tanah baik, bukan bekas tanah rawa, dan kondisinya stabil. Pastikan bahwa tanah tersebut bisa dibangun segala macam jenis bangunan. Hal ini penting. Percuma jika memiliki tanah namun di masa depan tidak bisa dipergunakan dengan semestinya.
Pastikan juga bahwa lokasi tanah benar-benar strategis. Lokasi yang strategis tentu akan memiliki nilai jual tanah yang tinggi di masa depan. Pastikan juga fasilitas umum apa saja yang ada di sekitar lokasi.
2.      Luas tanah
Untuk urusan luas tanah ini, tentu harus diperhatikan dengan modal awal yang didapatkan. Jika pihak pembeli memang mampu membeli tanah yang luas, maka carilah tanah yang memang sesuai dengan biaya yang dimiliki. Namun, jika pembeli adalah pihak perseorangan, membeli tanah secukupnya saja sudah sangat bermanfaat. Kepemilikan tanah yang berhektar-hektar justru akan menyusahkan pencairan dana di masa depan. Maka perhatikan luas tanah yang sesuai dengan kondisi.
3.      Biaya yang dibutuhkan
Selain mengetahui modal awal dan juga harga tanah, perhatikan juga biaya lain yang dibutuhkan. Transaksi jual beli tanah tidak hanya sebatas harga tanah, melainkan juga perlu adanya pelunasan terhadap pajak, baik dari pihak penjual ataupun pembeli. Biasanya pajak tersebut besarannya adalah 5% dari harga yang disepakati. Tentu hal ini perlu diperhatikan sebelum menyepakati harga.
4.      Bukan investasi likuid
Tanah sifatnya tidak likuid. Maksudnya, tidak mudah dicairkan atau diuangkan. Maka, untuk memiliki tanah, pastikan bahwa tanah bukan dijadikan tabungan saat kondisi darurat. Namun jadikan tanah hanya sebagai aset investasi di masa depan. Sehingga jika pembeli memiliki dana yang terbatas dan memang belum berniat untuk membangun bangunan di tanah tersebut, pembeli bisa membeli tanah yang harganya masih murah namun di masa depan akan berkembang nilainya.
5.      Bebas sengketa
Pastikan bahwa tanah dijual di Jogja Barat bukan tanah sengketa warisan, masih ditahan oleh bank, atau tanah memiliki dokumen yang tidak lengkap. Walau jenis tanah ini akan dijual dalam harga murah sekalipun, jangan membelinya karena akan merepotkan di masa depan mengenai status kepemilikannya secara hukum. Bisa jadi pembeli yang akan dirugikan di kemudian hari.
6.      Bebas penggusuran
Pastikan juga bahwa tanah bukan tanah pemerintah. Tanah pemerintah sewaktu-waktu bisa digusur. Tentu sebelum membelinya pastikan kelengkapan suratnya. Selain itu, bisa juga mengecek status tanah tersebut pada kantor pertanahan yang ada di Jogja Barat.

Itulah penjelasan mengenai hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli tanah dijual di Jogja Barat. Semoga bisa memberikan manfaat dan pengetahuan tambahan.

No comments:

Post a Comment

About Us

INVESTASI TANAH JOGJA

Kami adalah Situs khusus Tanah dan Rumah khususnya daerah Yogyakarta. Siap melayani Transaksi Jual Beli Tanah Maupun Rumah untuk kebutuhan Investasi maupun Tempat tinggal Anda.


: [email protected]



DMCA.com Protection Status

Popular Posts

Formulir Kontak